Dampak Penghapusan Mata Pelajaran TIK


Mapel TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) diperkenalkan pada tahun 2004 sejak ada KBK (Kurikulum Berbasis Komputer). 2 tahun kemudian TIK menjadi mata pelajaran tersendiri. Ketika TIK dijadikan mapel tersendiri ada beberapa manfaat-manfaat yang muncul seperti; mendapat pengetahuan dasar terhadap komputer, semakin terampil mengoperasikan software dan aplikasi-aplikasi lainnya untuk pelajaran.

Mata pelajaran TIK sangat penting sebagai dasar pengembangan siswa. Ini sudah terbukti, siswa-siswa yang belajar TIK lebih mandiri dan terampil di bidang TIK, selain itu TIK juga dapat melancarkan pembelajaran di sekolah. TIK juga memiliki peran penting bagi masa depan generasi muda karena semakin banyak pekerjaan di Indonesia yang menggunakan TIK sebagai dasar pekerjaan. Juga harus diakui bahwa keterampilan TIK Indonesia masih tertinggal dari negara negara Asia yang lain seperti Jepang, Korea, India, dll. Karena itu kita perlu memupuk penguasaan TIK sejak masa dini sehingga bisa dikembangkan dengan mudah. Di daerah-daerah yang bisa dikatakan tertinggal banyak siswa-siswi yang tidak dapat akses terhadap pelajaran TIK sehingga banyak yang tidak melanjutkan sekolah.

 TIK memiliki peran besar terhadap aktivitas manusia.TIK menjadi fasilitas utama bagi kegiatan-kegiatan yang mendasar pada struktur operasi manajemen organisasi, pendidikan, transportasi,dll. Oleh karena itu kita perlu meningkatkan SDM TIK kita. sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan output yang bermanfaat.

Dampak dari penghapusan Mapel TIK adalah:

1. Siswa Indonesia akan tertinggal pada bidang TIK dari negara-negara yang lain
2. Pemerataan penyebaran ilmu untuk daerah pelosok akan terhambat
3. Keterampilan penggunaan komputer menurun
4. Pengetahuan akses informasi dan data pendukung pelajaran berkurang
5. Kreatifitas siswa di bidang komputer tidak tergali dengan baik
6. Guru- guru TIK menganggur atau berpindah ke mata pelajaran lain sehingga hasil kurang                     maksimal
7. Dasar penguasan TIK lemah
8. Guru berpindah ke mata pelajaran preakarya yang tidak jelas kajian akademisnya
9. Siswa diminta belajar TIK secara mandiri yang berakibat hanya tau TIK sebatas main game dan          nonton youtube
10. TIK hanya dianggap sebagai alat bantu

Itulah dampak penghapusan mapel TIK terhadap siswa

Hendaknya pemerintah mengevaluasi kembali kebijakan penghapusan mapel TIK

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekskul Fotografi

Membuat Video di Youtube.com