Bebras.Org


Bebras.org

Bebras.org atau bisa dipanggil Bebras merupakan suatu organisasi internasional yang bertujuan untuk mempromosikan Informatika dan pemikiran Komputasi di antara siswa sekolah di segala usia. Peserta biasanya diawasa oleh guru yang dapat mengintegrasikan tantangan Bebras dalam kegiatan belajar mereka. Tantanganya dilakukan di sekolah menggunakan computer atau perangkat seluler. Negara-negara yang mengikuti event Bebras sangat banyak, dengan partisipan terbanyak oleh Perancis denga 600.000 partisipan. Indonesia memiliki 4000 partisipan.

Ide Bebras lahir di Lithuania, oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Vilnius. Bebras adalah kata Lithuania untuk “Berang-berang”. Pikiran itu datang kedalam kepala ketika beliau berkeliling Finlandia pada tahun 2003 dan diskusi tentang bagaimana kita dapat menarik murid untuk belajar Informatika. Kegiatan berang berang menunjukkan simbol tantangan, berang berang terlihat berusaha untuk kesempurnaan dalam bidang mereka untuk mencapai tujuan. Pekerjaan sehari-hari mereka tampaknya merupakan percobaan: barangsiapa yang menarik lebih banyak pohon akan membendung lebih banyak aliran air. Oleh karena itu, kompetisi mereka dinamai karena berang-berang yang berkerja keras dan cerdas.

Bebras mempunyai challenge/task pertahunan yang dilaksanakan pada minggu kedua bulan November. Pengembang tugas Bebras berusaha untuk memilih tugas yang menarik untuk memotivasi siswa untuk berurusuan dengan informatika dan berpikir lebih dalam tentang teknologi. Juga, mereka ingin meliput sebanyak mungkin topik tentang informatika. Tugas pendek Bebras harus melibatkan konsep informatika seperti algoritma dan program sekuensial dan bersamaan; struktur data seperti tumpukan dan antrian; pemodelan keadaan, aliran kontrol dan data; interaksi manusia computer; grafik; dll. Jika pernyataan masalah yang tepat digunakan, maka hampir semua aspek ilmu computer dan teknologi informasi dapat menjadi tugas Bebras. Satu set tugas dan pertanyaan baru dikembangkan dalam workshop internasional Bebras tahunan. Bebras Week tahun 2018 adalah November 12-16 dengan Internasional Bebras task Workshop tanggal 7-11 mei.

Tugas Bebras yang baik menurut websitenya “harus mewakili konsep informatika, mudah dimengerti, diselesaikan dalam 3 menit, singkat, misalnya rapi di satu halaman layer, dapat dipecahkan computer tanpa menggunakan perangkat lunak lain atau kertas dan pensil, Independen dari system tertentu, menarik dan / atau lucu.”

Bebras Challenge adalah tantangan internasional pada informatika dan kelancaran computer untuk semua siswa usia sekolah. Tantangannya terdiri dari satu tes utama tanpa seleksi siswa. Beberapa negara menjalankan putaran tatap muka tambahan untuk mengenali siswa terbaik. Tantangannya memiliki dua jenis tugas: Pilihan ganda dan masalah interaktif, jumlahnya bervariasi dari tahun ke tahun dari 18 sampai 24 pertanyaan berbeda kesulitan untuk diselesaikan dalam 40, 45 atau 55 menit. Penghitungan poin dengan cara 3,4 atau 5 poin untuk yang benar (menurut kesusahannya), 0 poin untuk pertanyaan tak terjawab, dan minus poin untuk pertanyaan yang salah.

Jika anda ingin bergabung dengan Bebras Inisiatif untuk suatu negara, Langkah pertamanya adalah berhubungan denga komite internasional dan meminta untuk berpartisipasi dalam Lokakarya Tugas Internasinal, Ini memungkinkan anda untuk mendapatkan akses Gudang SVN untuk berhubungan dengan perwakilan dari negara lain, dan merasa lebih nayaman dengan tugas-tugas. Langkah selanjutnya adalah mengatur tantangan di negara anda sendiri. Anda dapat mengatur tantangan uji coba terlebih dahulu, dengan hanya beberapa sekolah atau anda dapat langsung deng tantangan nasional resmi. Jika anda tinggal di negara yang tidak berbahasa inggris, jangan ragu untuk menghubungi negara-negara lain yang sudah berpartisipais yang berbicara dengan Bahasa yang sama.

Menurut saya itu saja, Jangan lupa untuk cek Bebras.org .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Penghapusan Mata Pelajaran TIK

Membuat Video di Youtube.com

Ekskul Fotografi